RPP Asking And Giving Direction

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP)

Sekolah / Madrasah                :     SMK N………………………

Mata Pelajaran                       :     Bahasa Inggris

Kelas/Semester                      :     X (Sepuluh) / 2

Alokasi Waktu                        :     1 x 45 menit

Jenis tema                              :    Asking for and Giving Direction

Skill                                        :    Writing (Menulis)

Standar Kompetensi:

  1. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level novice.

Kompetensi Dasar      

1.7     Menyampaikan kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus.

Indikator                                                                                                                                 

  • Siswa dapat memahami jenis-jenis ungkapan meminta dan memberi arah  dan lokasi dengan tepat.
  • Siswa diharapkan dapat menggunakan ungkapan-ungkapan “asking for and giving direction” dalamkehidupan sehari-hari
  • Siswamampu memberikan tanggapan terhadapekspresi untuk bertanya dan memberikan arah.
  • Siswadapatmemahami cara untuk menggunakanekspresi untuk bertanyadan memberikan arah di daerah mereka.
  1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat :

  1. Memahami jenis-jenis ungkapan untuk meminta dan memberi arah  dan lokasi (direction) digunakan dengan tepat.
  2. Menggunakan ungkapan untuk meminta dan memberi arah dan lokasi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Dapat memberikan tanggapan/respons terhadapekspresi untukbertanyadan memberikan arah.
  4. Dapat menuliskan ungkapan meminta dan memberi arah / lokasi dengan tepat.
  1. Materi Pembelajaran

Asking for and Giving direction

Asking for Direction Giving Direction
·      Excuse me, could you tell me how to get to…………?

·      Can you give me directions to the…….,please?

·      Where I can find the nearest…………..?

·      What are the best/quickest/easiest/ way to get to the………….?

·      Excuse me, do you know where the …….. is?

·      I’m looking for … (this address). Can you show me….

·      Where is the ……………..?

·      Excuse me, could you tell me how i can get to……………………, please ?

·      Sure, it’s this way/ it’s that way

·      Of course, At the traffic lights, take the first left and go straight on. It’s on the left.

·      Certainly, Go straight on (until you come to…)

·      Take this road , Keep going straight ahead.And you will find…………….(the places)

·      Well,….,

take the first on the left / take the second on the right , after that turn right at the crossroads

·      Yes, it is not far from here. It is next to ………(the places)

·      Straight on this way until you get to an intersection/T-junction/roundabout

·      Go up/down on the escalator/lift

·      Go up  stairs/down stairs

·      Walk along this street until you get to the round about and then keep going until you see a traffic light. You can take turn right.  It’s …………………

Note:

Jika tidak tahu arah/lokasi/tempat yang dimaksud, respon jawabannya :

  • Sorry,  I’m not from around here
  • I am sorry, I don’t know. I am stranger (orang pendatang)

Etc.

Example:

Dialog I

Istiqomah          : Excuse me, Where I can find the nearest bank ?

Mustaqim          : Of, course. First, turn right, second turn left on the main street, It’s on the right.

Istiqomah          : Thank you.

Mustaqim          : You’re welcome.

Dialog II

Anang               : Excuse me, could you tell me how to get to Gembira Loka Zoo?

Shanty             : Yes, It  is not far from here. Go straight on this way until you get to an intersection.

   Keep going straight about 10 meters. It’s on your left. 

Anang               : Thank you very much.

Shanty              : You’re welcome.

Dialog III

Suneo               : Excuse me, Can you give me directions to the Ahmad Dahlan University,please ?

Jukir                : oh,,I am sorry. I don’t know. I am stranger.

Anang               : Never mind, thank you.

Suneo               : Don’t mention it.

  1. Metode Pembelajaran / Teknik         :  

þ three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan
  2. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru memberikan salam
  • Guru mengajak berdoa terlebih dahulu sebelum belajar.
  • Guru mengecek kehadiran siswa.
  • Guru memberi apersepsi/ motivasi/ menyampaikan tujuan pembelajaran berdasarkan

          situasi di kelas

  1. Kegiatan Inti
  2. Presentation
  • Guru menanyakan “Asking for and Giving Direction” kepada siswanya.
  • Guru membagikan materi pelajaran.
  • Guru dan siswa bertanya jawab terkait materi.
  1. Practice
  • Guru menggunakan peta Jogja sebagai Media pembelajaran.
  • Guru menyuruh siswa (berpasangan) untuk maju ke depan ,memberikan contoh dialog mengenai asking for and giving direction berdasarkan instruksi dari gurunya.

Contoh   :

A     : Excuse me, Can you give me directions to (the)………………….?

B     : yes, From here, you can go straight on the………………street. etc

  1.  Production
  • Guru membagikan lembar kerja untuk dikerjakan siswanya.
  • Guru menawarkan kepada siswa maju ke depan untuk menuliskan contoh “asking for and

giving direction” sesuai lembar kerja.

  1. Kegiatan Penutup
  2. Guru menanyakan kesulitan siswa atas materi yang telah dibahas.
  3. Guru dan siswa membuat kesimpulan atas materi yang telah dibahas.
  4. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
  5. Guru menutup pelajaran dengan berdoa.
  1. Sumber Belajar
  2. Buku/materi yang relevan.
  3. Peta Jogja
  1. Media Pembelajaran:
  2. Peta
  3. White-board
  1. Penilaian
  2. Teknik                      :  Tes Tertulis
  3. Bentuk :  Esai
  4. Instrumen Penilaian :

   Write the dialog asking for and giving direction based on picture (map).

  1.   Pedoman penilaian:
NO ASPEK NILAI
1. Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca tepat. 20
2. Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca kurang tepat tetapi tidak mempengaruhi makna. 15
3. Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca kurang tepat dan mempengaruhi makna. 10
4. Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca tidak  tepat dan sulit dimengerti. 5
5. Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca tidak  tepat dan tulisan tidak berkembang. 0

Skor     = 20

Nilai      = Skor perolehan / skor x 100

Siwa, 25  Mei  2013

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata pelajaran

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s